Kajian Kerawanan Tanah Longsor pada Objek Pariwisata Swafoto Di Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul

Rumaisha Rumaisha, Eko Haryono

Sari


Desa Wisata Mangunan memiliki potensi wisata yang sedang berkembang pesat berupa ekowisata swafoto. Secara fisik, wilayah tersebut memiliki potensi lain berupa ancaman bencana longosr. Untuk itu perlu dilakukan sebuah kajian mengenai kerawanan longsor di daerah tersebut yang bertujuan mengidentifikasi tingkat kerawanan longsor pada objek pariwisata swafoto di Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul. Penentuan tingkat kerawanan longsor menggunakan metode tumpang susun dari lima parameter (curah hujan, kemiringan lereng, geologi, kedalaman tanah dan penggunaan lahan) yang ada. Bobot masing-masing parameter dicari dengan metode Analytical Heirarcy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Objek wisata yang berada pada tingkat kerawanan tinggi sebanyak lima objek, yaitu Watu Lawang, Hutan Pinus Sari, Seribu Songgo Langit, Jurang Tembelan dan Kebun Buah Mangunan. Objek wisata dengan tingkat kerawanan sedang dan rendah sebanyak dua objek, yaitu Telaga Giri dan Bukit Mojo serta bukit Panguk dan Watu Mabur.


Referensi


Badan Penanggulangan Bencana Daerah. 2016. Laporan Tahunan BPBD Bantul 2016. Bantul : BPBD Bantul.

Hidayah, A., Paharuddin dan Muh. Altin Massiani. 2017. Analisis Rawan Bencana Longsor Menggunakan Metode AHP (Analiytical Hierarchy Process) di Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Geocelebes Vol. 1, No. 1, Hal: 1-4.

Iffani, M dan Centauri Indrapertiwi. 2017. Analisis Sebaran Kelompok Rentan di Kawasan Rawan Bencana Longsor untuk Penanggulangan Bencana di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jurnal Riset Daerah Vol. XVI, No. 2 hal. 2735-2757.

Ruswandi, dkk. 2008. Identifikasi Potensi Bencana Alam dan Upaya Mitigasi yang Paling Sesuai Diterapkan di Pesisir Indramayu dan Ciamis. Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan Jilid 18 No.2 (2008) 1-19.

Setiawan, B. S., Sudarto dan Aditya, N. P. 2017. Pemetaan Daerah Rawan Longsor di Kecamatan Pujon Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan Vol. 4, No. 2, Hal 567-576.

Subekti, Aji B. 2012. Tingkat Kerawanan Longsorlahan dengan Metode Weight of Evidence di Sub-DAS Secang Kabupaten Kulonprogo. Skripsi. Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada.

Wantoro, Dwi dan Ardya. 2017. Implementasi Teknologi Konstruksi Sistem Rumah Tahan Gempa pada Batuan Stimulan Bahan Baku Bangunan Ancaman Bencana Tanah Longsor. Jurnal Riset Daerah Vol. XVI, No. 1. April 2017.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.