Analisis Dan Permodelan Spasial Resiko Demam Berdarah Pada Periurban Beriklim Tropis Menggunakan Regresi Logistik Biner

Aditya Wahyu Mayandika, Nur Mohammad Farda

Sari


Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan virus DENV yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang membawa virus ini adalah nyamuk dengan jenis Aedes agypti dan Aedes albopictus yang terinfeksi. Sesuai dengan habitat kedua jenis nyamuk ini, penyakit DBD banyak ditemukan pada wilayah urban hingga periurban namun jarang ditemukan pada wilayah rural. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan permodelan spasial menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan penginderaan jauh dengan wilayah kajian di periurban Kabupaten Bantul. Permodelan spasial dilakukan dengan menggunakan metode regresi logistik biner. Parameter yang digunakan pada permodelan spasial ini diantaranya adalah Normalized Different Vegetation Index (NDVI) untuk mewakili proporsi vegetasi, Normalized Different Building Index (NDBI) untuk mewakili kepadatan bangunan, dan Normalized Different Water Index (NDWI) untuk mewakili proporsi air dan iklim mikro. Peta hasil memiliki grafik ROC cukup bagus dengan nilai AUC sebesar 0,864. Akurasi yang didapatkan dari peta ini sebesar 0,81 dengan acuan cutoff 0,70.


Kata Kunci


SIG, Penginderaan Jauh, Regresi Logistik Biner, BDB,GIS, Remote Sensing, Binary Logistic Regression, DHF

Referensi


Aulia, I., & Kismanto, A. (diakses 2019). Analisis Regresi Logistik Biner Pada Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Menikah Muda Di Provinsi Jawa Timur (Study Kasus Di Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Situbondo Dan Sumenep). diakses dari http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-15752-Paper-pdf.pdf.

Brid, R. (2018). Logistic Regression. diakses oleh Aditya Wahyu M 2019 dari https://medium.com/greyatom/logistic-regression-89e496433063.

Dash, A., Bhatia, R., & Kalra, N. (2012). Dengue in South-East Asia: an appraisal of case management and vector control. Dengue Bulletin Volume 36, 1-13.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. (2018). Profil Kesehatan Tahun 2018. Bantul.

Khormi, H., Elzahrany, R., & Kumar, L. (2012). The benefits and challenges of scaling up dengue surveillance in Saudi Arabia from a GIS perspective. Dengue Bulletin Volume 36, 26-36.

Ong, J., Liu, X., Rajarethinam, J., Kok, S. Y., Liang, S., Tang, C. S., . . . Yap, G. (2018). Mapping dengue risk in Singapore using Random Forest.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.