Analisis Kesiapan Wilayah Calon Lokasi Ibu Kota Negara di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara

Damar Paramananda, Lutfi Muta'ali

Sari


Pada tanggal 26 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo menetapkan sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai calon lokasi Ibu Kota Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan wilayah calon lokasi Ibu Kota Negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif dan bersifat deduktif konfirmatori. Kajian dari penelitian ini berfokus pada persepsi pemerintah daerah, beberapa stakeholder yang terlibat, serta beberapa masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara terkait dengan kesiapan wilayah di lokasi tersebut. Adapun metode pengumpulan data dengan in-depth interview, observasi lapangan, dokumentasi, dan studi pustaka. Identifikasi kondisi umum dan karakteristik wilayah calon lokasi Ibu Kota Negara menghasilkan sejumlah aspek yang menjadi ukuran kesiapan wilayah, di antaranya aspek lokasi, kebencanaan, ekologi, pertanahan, sarana prasarana, demografi, sosial budaya, kebijakan, serta pertahanan dan keamanan. Berdasarkan hasil analisis terkait dengan aspek yang menjadi ukuran kesiapan wilayah, ditemukan beberapa variabel yang menentukan kesiapan dalam tiap-tiap aspek. Secara komprehensif, wilayah calon lokasi Ibu Kota Negara di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara sudah cukup mendukung untuk pembangunan Ibu Kota Negara


Kata Kunci


Kesiapan, Calon Lokasi, Ibu Kota Negara,Readiness, Candidate Location, National Capital

Referensi


Aurumbita, Yuke Nori. 2015. Pemindahan Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Bappenas. 2019 Pemindahan Ibu Kota Negara. Disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas. Dalam Dialog Nasional I: Pemindahan Ibu Kota Negara (16 Mei 2019).

Bappenas. 2019. Kajian Awal Aspek Sosial IKN. Jakarta: Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional.

Chaniago, dkk. 2008. Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan: Lorong Keluar dari Berbagai Paradoks Pembangunan. Jakarta: Tim Visi Indonesia 2033.

Muta’ali, Luthfi dan Sahamony, Anugerah. 2019. Pemindahan Ibu Kota Tinjauan Geografis. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Geografi (BPFG) UGM.

Sahamony, Anugerah A. 2018. Tinjauan Geografis Wilayah Potensial Ibu Kota Negara Indonesia. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.