AERIAL VIDEOGRAFI SEBAGAI ALTERNATIF PEROLEHAN DATA PERGERAKAN KENDARAAN UNTUK EVALUASI TINGKAT PELAYANAN JALAN

Yudhistira Tri Nurteisa, R. Suharyadi R. Suharyadi

Sari


Penggunaan data penginderaan jauh untuk manajemen lalu lintas belum optimal karena kendala resolusi spasial dan harga yang mahal. Berkaitan dengan kendala kualitas dan biaya pengadaan citra penginderaan jauh, penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif metode akuisisi data yang
mampu menghasilkan informasi geometrik jalan yang memadahi sekaligus informasi pergerakan kendaraan sebagai data utama evaluasi tingkat pelayanan jalan. Metode akuisisi data ini menggabungkan dua perangkat utama yang selama ini dikenal bukan sebagai alat utama dalam akuisisi data penginderaan jauh yaitu pesawat model (model hexacopter DJI Naza f550) sebagai wahana terbang dengan kamera video(GoPro HD2) sebagai sensor rekamnya. Data geometrik diturunkan melalui interpretasi visual menjadi beberapa informasi geometrik jalan seperti lebar jalur lalu lintas, jumlah lajur, presentase pemisah arah hingga hambatan samping.
Data pergerakan kendaraan diturunkan melalui interpretasi langsung pada file video menghasilkan informasi volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan hambatan samping. Melalui dua data utama tersebut evaluasi tingkat pelayanan dapat dilakukan dengan murah, cepat dan efisien.
Kata kunci: data penginderaan jauh, aerial videography, evaluasi tingkat pelayanan jalan, survei lalu
lintas


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.