KAJIAN USAHA LAUNDRY DI DUSUN POGUNG KIDUL DESA SINDUADI KECAMATAN MLATI

Ekasari Lieharyani Lokmansyah, Rika Harini

Sari


Dusun Pogung Kidul merupakan salah satu dusun yang jaraknya berdekatan dengan salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta. Keberadaan mahasiswa pada Dusun Pogung Kidul menciptakan munculnya berbagai macam usaha, salah satunya adalah usaha laundry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) karakteristik pelaku usaha laundry di Dusun Pogung Kidul, (2) persebaran usaha laundry di Dusun Pogung Kidul (3) faktor apa saja yang mempengaruhi jalannya usaha laundry di Dusun Pogung Kidul. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik usaha laundry di Dusun Pogung Kidul dengan total populasi berjumlah 53 usaha laundry. Jumlah responden yang berjumlah 30 responden didapat dengan menggunakan rumus slovin, sedangkan untuk pemilihan responden menggunakan sistem acak sederhana. Analisis dalam penelitian ini secara deskripsi dengan menggunakan tabel frekwensi dan analisis data silang. Hasil penelitian yang didapat adalah (1) pelaku usaha laundry di Dusun Pogung Kidul merupakan golongan usia produktif kebanyakan berada pada usia 26–30 tahun, dengan jenis kelamin didominasi perempuan, memiliki tingkat pendidikan SMA, memiliki beban tanggungan keluarga ≥ 1 orang. (2) Lokasi persebaran usaha laundry adalah di pinggir jalan dan mengumpul pada Rw. 49. (3) Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi jalannya usaha laundry dalam penelitian ini adalah pendidikan, letak lokasi usaha, lamanya usaha berjalan dan usia pengusaha.

Kata Kunci


pengusaha, Dusun Pogung Kidul, laundry, enterpreneur, Pogung Kidul Hamlet, laundry

Referensi


Hasibuan. 1993. Ekonomi Industri. Jakarta : LP3ES

Ismawan, Indra, 1998, Catatan Kritis Dimensi Krisis Ekonomi Indonesia, Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Johnston, R. 1988. Dictionary of Human Geography. Oxford : Basil Blackwell Publisher

Kantor Desa Sinduadi, 2013, Monografi Desa Sinduadi Tahun 2013, Kantor Desa Sinduadi, Kabupaten Sleman.

Mantra, Ida Bagus, 1980, Sampling, Fakultas Geografi.

Noor, Juliansyah, Dr. S.E., M.M., 2011, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rahardjo, Dawam, 1984, Transformasi Pertanian, Industrialisasi dan Kesempatan Kerja, Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter, 2005, Management. New Jersey

Sarwono, Jonathan., 2006, Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sayogyo dan Mangara Tambunan, 1990, Industrialisasi Pedesaan, Sekindo Eka Jaya : Jakarta.

Setiawan, N., 2009, Sensus: Sebuah Metode atau Hanya Sekedar Teknik Pengambilan Data, Universitas Padjajaran, Bandung.

Suciyati, 2014. Kajian Karakteristik Dan Keterkaitan Spasial Perdagangan Mobil Oto Bursa TVRI Jogja Desa Sinduadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Geografi UGM.

Sugiyono, Prof. Dr., 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sukirno, Sardono, 2004, Pengantar Teori Makroekonomi, Ed.2,C.6. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Verkoren, O. 1997. Industri Pedesaan dan Industrialisasi Pedesaan. Yogyakarta. Fakultas Geografi UGM.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.