1 KONTRIBUSI KERAGAMAN SUMBER PENDAPATAN PETANI TERHADAP TOTAL PENDAPATAN RUMAHTANGGA PETANI DI DESA BANJARARUM, KECAMATAN KALIBAWANG

Dani Prasetyo, Sudrajat Sudrajat

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui kondisi sosial ekonomi rumahtangga tani, 2) mengetahui ragam sumber pendapatan rumahtangga tani, dan 3) mengetahui kontribusi sumber pendapatan terhadap total pendapatan rumahtangga tani. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data primer wawancara menggunakan kuisioner. Pemilihan lokasi penelitian secara purposive di desa yang memiliki luas lahan sawah terbesar di Kecamatan Kalibawang. Responden dipilih secara proportional random sampling sebanyak 60 responden. Analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif tabel frekuensi untuk kondisi sosial ekonomi petani dan analisis crosstab untuk kontribusi variasi sumber pendapatan rumahtangga tani. Hasil penelitian menunjukkan kondisi sosial ekonomi rumahtangga tani mayoritas memiliki kepala rumahtangga berusia produktif yang berpendidikan rendah (SD) dengan penguasaan lahan sawah sempit (<0,5Ha). Sumber pendapatan rumah tangga tani relatif beragam dengan mayoritas memiliki 1 sumber pendapatan tambahan di luar pertanian lahan sawah contohnya buruh dan pedagang. Secara umum pendapatan usahatani lahan sawah masih mendominasi kontribusi pendapatan total rumahtangga tani (40,85%).

Kata Kunci


petani; lahan sawah; keragaman sumber pendapatan; pendapatan dan kontribusi

Referensi


Aart, Schrevel, 1989. Akses Tanah Sebagai Indikator Pendapatan Rumahtangga Pedesaan. Jakarta: Prisma no. 4 LP3ES.

Ashari, Saptana, dan Tri Bastuti Purwantini, 2012. Potensi Dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Jurnal Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Mei 2012.

Handewi P.S., Rachman dan Supriyati., 2008. Struktur dan Distribusi Pendapatan Rumahtangga Petani Lahan Sawah di Jawa dan Luar Jawa. Bogor: Puslitbang Sosial Ekonomi Pertanian.

Nakajima, C., 1986. Subjective Equilibrium Theory of The Farm Household. Amsterdam: Elsevier Science Publisher.

Nurmanaf, A. R. dan A. Nasution, 1986. Ragam Sumber Pendapatan Rumahtangga. Bogor: Pusat Penelitian Agro Ekonomi.

Winarso, Bambang. 2012. Dinamika Pola Penguasaan Lahan Sawah di Wilayah Pedesaan di Indonesia. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan Vol. 12 (3): 137-149 ISSN 1410-5020. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Badan Litbang Pertanian - Bogor


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.