ANALISA CITRA SATELIT MULTITEMPORAL UNTUK DETEKSI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE POST-CLASSIFICATION COMPARISSON DI SEBAGIAN DKI JAKARTA

Seno Aji Pangestu, Retnadi Heru Jatmiko

Sari


Selama ini perubahan penggunaan lahan yang terjadi di DKI Jakarta belum dikaji secara komprehensif untuk mengetahui bagaimana karakteristik perubahannya. Melalui teknik penginderaan jauh dengan menggunakan metode Post-Classification Comparisson, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakterisitik perubahan penggunaan lahan yang terjadi di DKI Jakarta pada tahun 2007-2012 yang meliputi jenis perubahan penutup/penggunaan lahan yang dominan, luasan perubahan penutup/penggunaan lahan, mengetahui pola perubahan dan perkembangan fisik kota yang terjadi, serta untuk menguji tingkat akurasi SPOT-4 dalam mengekstraksi informasi penutup lahan di DKI Jakarta. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa karakteristik perubahan penggunaan lahan yang terjadi di DKI Jakarta dari tahun 2007-2012 didominasi oleh perubahan dari bangunan permukiman kota menjadi bangunan industri perdagangan dan jasa. Selama kurun waktu 2007 hingga 2012, luasan penggunaan lahan bangunan permukiman kota meningkat sebesar 27.9 km2 ; serta bertambah sebesar 7,87 km2 untuk penggunaan lahan bangunan industri perdagangan dan jasa. Arah perkembangan kota Jakarta bersifat tetap dimana perkembangan fisik kota ini sudah tersebar merata keseluruh batas administratif dari kota ini. Akurasi citra penginderaan jauh (SPOT-4) dalam klasifikasi penutup lahan di DKI Jakarta pada tahun 2007 bernilai sebesar 88%, sedangkan pada tahun 2012 memiliki akurasi sebesar 86%.

Kata Kunci


Post-Classification Comparisson; Perubahan Penggunaan Lahan; Tingkat Akurasi; Pola Perubahan; Arah Perkembangan Kota

Referensi


Bern, TD. 1977. The Assessement of Land Use Impact. P.109-116 dalam Mac Evoy and Dietz. Hand Book for Environment Change. John Walley and Son, New York

Congalton, R.G and K. Green . 2009. Assesing The Accuracy of Remote Sensing Data. Principle and Practices 2nd Edition.

Danoedoro, Projo. 2012. Pengantar Penginderaan Jauh Digital. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Jensen, J.R. 2005. Introductory Digital Image Processing – A Remote Sensing Perspective,3 rd Edition. New Jersey. Pearson Prentice Hall.

Jensen, J.R. (2000). Remote Sensing of The Environment: An Earth Resource Perspective. London: Prentice Hall, Inc.

Manuhoro, Rr. Anna D.R. dkk. 2012. Pemanfaatan Citra Digital ALOS AVNIR-2 dan SIG Untuk Evaluasi Sumberdaya Lahan Di Wilayah Pesisir Bantul.

Sutanto. (1986). Penginderaan Jauh Jilid 1. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sandy, I Made. 1995. Tanah: UUPA 1960 - 1995. PT. Indograph Bakti. FMIPA Universitas Indonesia. Jakarta.

USGS, 2013. Using the USGS Landsat 8 Product. [Online] Available at:http://landsat.usgs.gov/Landsat8_Using_Product.php [Accessed 19 Desember 2014].


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.