Analisis Arus Lalulintas di Sebagian Jalan Affandi dan Jalan Kaliurang

Meita Arnis, Djaka Marwasta

Sari


Yogyakarta semakin bertambah jumlah kendaraan bermotor rata-rata per tahun sebesar 10.35%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemacetan  lalulintas di daerah kajian dan menganalisis faktor dominan yang mempengaruhi terjadinya kemacetan lalulintas daerah kajian. Penelitian bersifat kuantitatif dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan perhitungan volume, kapasitas, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan. Hasil penelitian yaitu tingkat volume kendaraan pada jalan Kaliurang yaitu 1.707 smp/jam dan jalan Affandi 1.843 smp/jam. Kapasitas tertinggi yaitu jalan Affandi dengan nilai 6.365 smp/jam, maka derajat kejenuhan berada pada angka 0.3 pada masing-masing jalan sehingga tingkat pelayanan berada pada kategori B yaitu memiliki batas lingkup 0.20- 0.24 smp/jam yang dapat dikategorikan arus lalulintas lancar


Kata Kunci


Volume, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, dan Tingkat Pelayan ,

Referensi


Kuncoro, Mudrajad. 2012. Perencanaan Membangun Ekonomi Lokal, Kota dan Kawasan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, Jakarta Selatan

Lestari, Ria Rahayu. (2007). ”Dampak Pembangunan Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Kota Jakarta Tahun 1989-2004”. Ilmu Ekonomi . Universitas Islam Indonesia

Morlok, Edward K., 1978. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi , Penerbit Erlangga

Sugiyono. (2009).Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)Bandung: Alfabeta.

Tamin, O. Z.(2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi edisi kedua. Bandung.ITB


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.