Faktor-Faktor Pembatas Diversifikasi Sumber Karbohidrat Di Kabupaten Klaten

Claudia Afrilia Mariza, R. Rijanta R. Rijanta

Sari


Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) merupakan program yang menganjurkan konsumsi bahan-bahan pangan pokok selain beras akan tetapi program ini belum sepenuhnya menunjukkan hasil. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini ialah (1) Mendeskripsikan tingkat diversifikasi serta faktor-faktor pembatas diversifikasi sumber karbohidrat di Kabupaten Klaten. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah dengan metode survey dengan pengambilan sampel secara sampling quota dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu dalam unit rumah tangga yang mengkonsumsi hasil panen di lahan pertanian sejumlah 80 responden. Variabel yang digunakan yaitu indek diversifikasi dan faktor-faktor geolingkungan, sosial ekonomi, dan psikologi. Teknik analisis yang digunakan yaitu menghitung indek diversifikasi untuk tujuan pertama dan uji korelasi untuk tujuan kedua. Hasil menunjukkan tingkat diversifikasi sumber karbohidrat di Desa Taskombang termasuk klasifikasi rendah dan di Desa Ngerangan termasuk tinggi. Faktor-faktor pembatas diversifikasi sumber karbohidrat di Desa Taskombang gaya hidup (life style) sudah mempengaruhi pemilihan jenis pangan sedangkan di Desa Ngerangan masyarakat mengkonsumsi jenis pangan apa saja tanpa membedakan jenis pangan tersebut.

 


Kata Kunci


Diversifikasi, Pola Konsumsi, Sumber Karbohidrat,Diversification, Consumption Pattern, Carbohydrate Source

Referensi


Bintarto, 1984. Interaksi Desa Kota dan Permasalahannya. Jakarta: ISEI.

Ellis, Frank. 1999. Rural Livelihoods an Diversity in Developing Countries. Oxford University.

Kotler, P. & Keller, K. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Terjemahan oleh Benyamin Molan. 2009. Jakarta: Indeks.

Kusdiyanto. 2005. Analisis Pengaruh Gaya Hidup Wanita Modern Terhadap Permintaan Konsumsi Kosmetik di Kota Surakarta. Jurnal Benefit, vol. 9, No. 1. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahayu, Nunuk. 2013. Upaya Pengembangan Diversifikasi Pangan Lokal Berbasis Masyarakat Menuju Pangan Unggulan Daerah di Kabupaten Klaten. Universitas Widha Dharma Klaten.

Siswanto. 2002. Studi Kelayakan Proyek Konsep, Teknik & Kasus. PT. Damar Mulia Pustaka: Jakarta.

Suyastiri. 2008. Diversifikasi Konsumsi Pangan Pokok Berbasis Potensi Lokal Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Pedesaan di Kec. Semin Kab. Gunung Kidul. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 13 No. 1:51-60.

Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.