Mulai 1 Februari 2010 Unit Perpustakaan Fakultas Geografi UGM menerapkan jam layanan baru:

Senin-Kamis
Buka : 08.00 – 15.30
Istirahat : 12.00 – 13.00
Jumat
Buka : 08.00 – 14.30
Istirahat : 11.00 – 13.00
Sabtu
Buka : 08.00 – 13.00

Koleksi Terkini:

Perpustakaan Geografi mempunyai bermacam – macam koleksi terdiri dari koleksi referensi dan koleksi textbook. Koleksi yang dapat dipinjam hanya buku. dan koleksi referensi tidak dapat dipinjamkan, hanya bisa dibaca disini dan difotocopy. Koleksi referensi terdiri dari Skripsi, Tesis, Prosidding, Disertasi, Makalah dan Laporan Penelitian. Diperpustakaan Geografi juga menyediakan berbagai macam-macam artikel yang bisa didapat di Bagian Administrasi Perpustakaan.

Perpustakaan Fakultas Geografi UGM menyediakan berbagai jenis layanan.

  1. Layanan Peminjaman Buku Cetak
  2. Layanan Kartu Baca (Spot Control)
  3. Layanan Penelusuran Informasi
  4. Layanan Bebas Pinjam
  5. Layanan Scan dan Print
  6. Layanan Referensi
  7. Layanan Fotokopi
    1. Layanan Peminjaman Buku Cetak

      Layanan peminjaman buku cetak diberikan kepada pemegang Kartu Anggota Perpustakaan yang meliputi mahasiswa, dosen, dan karyawan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Peminjaman maksimal 2 buku untuk batas peminjaman 7 hari. Pinjaman dapat diperpanjang sebanyak 1  kali atau selama tidak ada pemesanan atas buku yang ingin diperpanjang. Denda atas buku yang terlambat dikembalikan sebesar Rp 1.000,00 per buku per hari.
    2. Layanan Kartu Baca (Spot Control )

      Kartu baca diberikan kepada individu dari luar Fakultas Geografi UGM yang hendak memanfaatkan koleksi perpustakaan. Pemegang kartu baca berhak atas layanan baca koleksi di tempat atau fotokopi koleksi yang tersedia di perpustakaan. Kartu baca dapat digunakan selama masa aktif 6 bulan dan dikenakan biaya Rp. 10.000 bisa diperpanjang apabila diperlukan. Bagi yang tidak menghendaki Kartu Baca,  dapat menggunakan kartu sekali kunjungan untuk masuk dalam 1 hari dan dikenakan biaya administrasi Rp. 2.000.
  1. Layanan Penelusuran Informasi

    Layanan penelusuran informasi diberikan kepada anggota maupun non anggota perpustakaan. Layanan berupa pemenuhan permintaan akan informasi/dokumen tertentu yang tersedia maupun tidak tersedia di perpustakaan.
  2. Layanan Bebas Pinjam Perpustakaan

    Surat Keterangan Bebas Pinjam (SKBP) diberikan untuk keperluan wisuda atau yudisium.

    - Syarat memperoleh SKBP :

    a. Menyerahkan Kartu Anggota Perpustakaan terbaru

    b. Membayar biaya administrasi ( Rp. 5000/mhs D3, Rp. 5.000,00/mhs S1 dan Rp. 5000/mhs S2-S3)

    c. menyerahkan tugas akhir (skripsi, thesis dan desertasi) dalam bentuk hardcopy dan soft copy, khusus untuk softcopy aturan pembuatannya dapat di unduh di laman download.

  3. Layanan Scan dan Print

    Layanan scan dan print diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin mendokumentasikan dan merubah dokumen tercetak menjadi digital. Tarif untuk scan Rp. 2500,00 per lembar  sedangkan untuk print hitam putih Rp. 500,00 per lembar.
  4. Layanan Referensi

    Layanan berupa bimbingan kepada pengguna perpustakaan berupa pembelajaran (instructional) yaitu memberikan petunjuk dan pengajaran kepada pengguna untuk dapat menemukan letak informasi (locate information) yang dibutuhkan secara mandiri atau membantu pengguna untuk memilih dan menggunakan alat-alat bantu (reference tools) yang ada seperti menggunakan koleksi referensi, menggunakan katalog, menggunakan database online, internet, dll.
  5. Layanan Fotokopi

    Unit Perpustakaan Fakultas geografi bekerjasama dengan pihak luar dalam hal penyediaan layanan fotokopi, untuk biaya fotokopi dikenakan biaya Rp 150,00 per halaman. Dalam jangka waktu penyelesaian telah ditentukan.